Saturday 7 November 2015

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

            Tradisi perayaan maulid Nabi Muhammad SAW selalu dirayakan setiap tahunnya. Maulid Nabi Muhammad yang berarti Hari Kelahiran
Nabi muhammad SAW. Nabi Muhammad dalam sejarahnya lahir pada 26 Shafar sekitar -53 tahun Hijriyah atau 20 April 570 pada tahun Masehi. Nabi Muhammad dibesarkan oleh pamannya Abu Thalib karena Nabi Muhammad adalah anak yatim piatu semenjak kecil. Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan juga sebagai Rasul ketika berusia 40 tahun di Gua Hira.
            Perayaan maulid Nabi Muhammad pertama kali dilakukan oleh raja Irbil,  bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Perayaan tersebut diadakan secara besar-besaran dengan menghidangkan ribuan kambing dan unta yang disembelih untuk disediakan kepada seluruh rakyatnya dan seluruh ulama dari berbagai disiplin ilmu, baik ulama dalam bidang ilmu Fiqh, ulama Hadits, ulama dalam bidang ilmu kalam, ulama usul, para ahli tasawuf, dan lainnya.
            Dari perayaan Maulid Nabi Muhammad yang diadakan oleh raja Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, hingga kini tradisi perayaan maulid nabi masih dijalankan di seluruh dunia. Perayaan maulid Nabi Muhammad dirayakan secara berbeda di tiap negara, kota ataupun wilayah.

maulid nabi muhammad saw

Perayaan Nabi Muhammad di Indonesia biasanya diadakan dengan ceramah-ceramah para ulama tentang sejarah Nabi Muhammad maupun tentang keesaan Allah SWT. Disamping itu juga perayaan ini diadakan dengan pembacaan shalawat nabi, pembacaan Barzanji (doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada) dan pengajian.
            Walaupun perayaan Maulid Nabi Muhammad diadakan secara berbeda-beda, tetapi tujuan dari maulid nabi itu sama yaitu mendoakan dan menghormati hari kelahiran Nabi Muhammad serta mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui kecintaan kita terhadap Nabi yang di cintai-Nya yaitu Nabi Muhammad SAW.
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Wassalam.
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Post a Comment

JAMPER Production. Powered by Blogger.